Bermain di atas Perubahan Akord

Sebenarnya prinsipnya cukup mudah, yaitu yang harus kamu lakukan adalah memainkan nada yang cocok dengan akord yang sedang dimainkan. Yang pertama kamu harus membangun melodi yan bermakna ketika kamu membaca lembar akord, dan yang kedua kamu harus memainkan arpeggio dan lick dengan tangkas sementara perubahan akord berlalu dengan cepat.

Setelah kamu mengembangkannya beberapa teknik yaitu memikirkan nada-nada arpeggio dan memilih nada-nada target untuk lick, mari kamu sekarang memikirkan sungguh-sungguh akord tersebut. Terlalu banyak gitaris yang masih memulai solo dari sudut pandang tangga nada. Seperti halnya jika sebagai contoh memai D dorian tapi harus jadi lydian b7 di atas akord #11. Seorang jazzer cenderung lebih memikirkan kandungan akord dan mencoba mengantisipasi suara nada-nada pilihannya dengan adanya perubahan akord.

Cobalah rekam permainanmu saat memainkan perubahan akord atau ajak teman kamu untuk memainkan perubahan akord tersebut senagai pengiring. Sekarang cobalah membuat solo dengan hanya menggunkan nada-nada arpeggio.  Saat akord berubah-ubah, pindahlah ke arpeggio yang lain dan seterusnya. Kedengarannya mungkin agak sedikit dipaksakan saat pertama di coba, tapi kamu bisa menggunakannya semua nilai rhythm dan kamu bisa memvariasikan durasi tiap nada dalam setiap waktu, selama kamu tetap berada dalam nada-nada arpeggio tersebut. Sesudah kamu menguasai hal ini dengan sekuens yang sederhana, cobalah menambahkan passing notes yaitu nada yang bukan bagian dari arpeggio. Dengan cara ini kamu akan selalu menuju satu nada yang pas. Teruslah berputar-putardalam satu sekuens akord dengan menggunakan dua ide ini, dan kamu bisa melihat bahwa kamu menciptakan alur melodi yang benar-benar terdengar seperti jazz.

everydayguitarist.blogspot.com

'Tunjukkan Keberanianmu'

Secara sekilas, frase akord yang menurun adalah mimpi terburuk seorang pemain improvisasi, tapi upaya mengikuti dan memvariasikan frase secara cermat untuk menghindari pengembangan pola yang terlalu jelas menciptakan frase yang kedengarannya rumit.

================================================

'Scott and Allan'
  
everydayguitarist.blogspot.com


Menggunakan ketukan seperdelapan yang konstan dalam ritme swing, contoh ini bermain di sekitar akord dalam gaya yang serupa dengan scott henderson. Kalau kamu menggunakan lebih banyak hammer-on dan pull-off, kamu akan mempunyai feel Allan Holdsworth.

================================================

'Licks Tanpa Garis Batas'

everydayguitarist.blogspot.com

Bila kamu menghilangkan akord latar ini, kamu akan kesulitan menghubungkan bagian komponen frase ini. Lick ini cukup terdengar mengerikan untuk kesenangan John McLaughlin, tetapi cukup tradisional untuk dimainkan pada saat improvisasi menggunakan cara Charlie Chistian.

Bermain di atas Perubahan Akord Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown