Akord Jazzy yang Sederhana

Dari berbagai musik jazz apapun yang ingin kamu mainkan, sudah pasti suatu saat kamu harus membaca lembar akord. Di bagian ini ada 6 sekuens akord sederhana seperti yang akan biasa kamu lihat dalam pertunjukan jazz. Untuk setiap sekuens akord, menempatkan akord dasar yang sederhana di dalam paranada, dan versi gertakannya di atas kotak fret, yang berisi alternatif akord dasar yang jazzy. Gunakan ide ini untuk menunjukkan keahlianmu atas teori harmoni ketika kamu diberi lembar akord.


'Nada ke-7 yang Disubstitusi'

everydayguitarist.blogspot.com
    
everydayguitarist.blogspot.com

Langkah adalah menambahkan dominant 7 pada chord mayor atau minor. Pada umumnya praktek seperti diagram akord diatas ini bisa diterima di semua jenis jazz. Diagram akord diatas ini melangkah lebih jauh, yaitu membawa nada G ke dalam akord mayor7 untuk hasil yang lebih jazzy. Pada bar terakhir yaitu akord D7#9 menjadi salam perpisahan yang manis.

========================================================

'Lebih Banyak Gerakan'
everydayguitarist.blogspot.com

everydayguitarist.blogspot.com

everydayguitarist.blogspot.com

Setelah awal yang tak terhindarkan dengan A7, nada D9, F#, disini diganti dengan nada ke-7, tapi bayangkan kengerian yang muncul jika kamu membaca akord yang rumit semacam F#7b9 disini. Dibagian terakhir dipecah menjadi dua bar untuk menciptakan gerakan yang sedikit lebih banyak dengan menggunakan akord 7 dan 9.

=================================================

'Berurusan Dengan Minor'


everydayguitarist.blogspot.com

everydayguitarist.blogspot.com

everydayguitarist.blogspot.com

Setelah Am7 dimulai, Dm9 memberikan perubahan akord yang menarik sambil mempertahankan nada tertinggi yang sama (A). Kemudian menggunakan akord C#diminished sebagai alternatif menuju ke Am lainnya, denagn manis memasuki Dm7. Lalu terakhir menunjukkan sedikit gerak melodis dengan Am9 - Am, dan sekali lagi dengan E7#9 sampai E7b9.

=======================================================

'Menjadi Lebih Rumit'


everydayguitarist.blogspot.com

Dengan menggunakan E7b9 sebagai pengantar yang dramatis, Am9 - Am7 kembali menyuguhkan melodi, lalu dengan menunjukkan akord F/G. Ini berarti akord F dimainkan dengan nada bas G, sebuah variasi yang cantik dari G7. Lalu akord C dan Fmaj7 diikuti oleh Bm7b5, yang bisa dilihat dalam kasus ini sebagai akord Dm/B.

==================================================

'Substitusi Setengah Bar'


everydayguitarist.blogspot.com

Dimulai dengan perubahan akord Em7 ke Cmaj7, kemudian tambahkan satu nada C ke Em dan kamu kan mendapatan Cmaj7, jadi akord tersebut merupakan substitusi yang bagus satu sama lain. D mengikuti kerabat minornya B7 kemudian Cmaj7 mengikuti Am7. Setelah satu bar B7, balikkan akord ini dari Am7 ke Cmaj7, lau D7 ke D#dim, memberikan alur bas yang kromatis menuju Em7. Dua bar terakhir adalah sebuah putaran yang membawamu kembali ke awal sekuaen akord.

======================================================

'Kromatik Setengah Bar'


everydayguitarist.blogspot.com

Permainan pada empat akord, akan menghadirkan penurunan alur secara kromatik pada senar keempat. Ini berlanjut sampai ke Em9. F#maj yang datar diganti dengan F#7#9 yang jauh lebih asyik, diikuti dengan beberapa passing chords F#add b9/A dengan manis menuju ke akord Bm7/A. Berikutnya adalah akord Em7 dan yang terakhir A13add b9, akan menambahkan tegangan tertentu sebelum progesi tersebut berputar lagi.

================================================

'10 Tips Bermain Akord:
  1. Ingatlah bahwa pemain jazz sangat jarang memainkan akord 6 senar dalam sebuah lagu, mereka lebih sering menggunakan akord parsial. Ketika kamu mencoba satu akord baru, waspadalah untuk meredam senar yang tak diinginkan.
  2. Penggunaan pick akan memudahkanmu mengendalikan rhythm, tapi akan lebih menyulitkanmu dalam mengendalikan senar yang diredam.
  3. Disisi lainpenggunaan jemari pada umumnya lebih sulit dan membatasi volume yang bisa kamu peroleh dari gitar akustik.
  4. Cobalah untuk menghidari tone gitar yang tajam dan kasar. Untuk mengiringi, sound yang biasa digunakan adalah yang lembut, jadi cobalah dulu dengan posisi neck dan middle pickup.
  5. Kalau kamu mendengar gerakan fret, pindahkan jari sehingga berada sedikit di belakang fret. Ini berarti kamu bisa bermain dengan tekanan yang lebih longgar pada tangan kiri.
  6. Kalau kamu bermain bersama pemain bass, ingat, kamu tidak harus memainkan nada bas dari akord.
  7. Jangan gunakan distorsi untuk bagian akord
  8. Guanakan senar yang paling tebal yang bisa kamu mainkan. Senar yang terlau ringan lebih mudah lari dati setemen ketika kamu mencoba akord yang tidak familiar.
  9. Kalau kamu melihat dua akord di dalam satu bar, ini adalah perubahan setengah bar (Jadi dalam birama 4/4 kamu memainkannya dua ketuk per satu akord), kamu memang butuh waktu untuk membiasakan diri, tapi hal ini sangat penting kalau kamu ingin menjadi 'pengiring yang baik'.
  10. Empat akord dalam satu bar berarti satu perubahan setiap ketukan.Ketika kamu melihat hal ini di dalam lembar akord, latihan bar tersebut terus-menerus sebelum kamu memainkan seluruh komposisi.

Akord Jazzy yang Sederhana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: A_ Logz