Bermain Improvisasi Blues Outside

Outside adalah istilah yang sangat identik dengan pemain jazz rock ataupun pemain gitar fusion. Dalam bentuk-bentuk tradisional jazz istilah ini diganti dengan menggunakan chromaticism. Dalam blues,country,folk ,disebut juga dengan blue note. Menurut definisi, ini bisa berarti sesuatu yang tidak didengar dalam akord bahkan mencatat bahwa kita anggap sebagai ekstensi, berasal dari skala akord. Oleh karena itu kita harus memastikan apa artinya untuk menggunakan outside untuk memahami cara efektif untuk memperkuat ketegangan dan warna musik yang kita buat untuk memperkenalkan dissonances dan bermain outside.

Hal semacam ini membutuhkan pengetahuan yang baik pada jenis extended akord, modes mayor scale, dan beberapa pengetahuan tentang harmonik dan melodic minor. Sebagai contoh mayor scale yang normal akan dilihat sebagai 1 2 3 4 5 6 7 , minor scale akan dilihat sebagai 1 2 b3 4 5 b6 b7 , phrygian dominant scale akan dilihat sebagai 1 b2 3 4 5 b6 b7, dll  .Dengan memastikan Anda sudah familiar dengan scale ini berarti  Anda akan dapat menerapkan konsep ini dalam kunci apa saja.

everydayguitarist.blogspot.com

Outside improvisasi :
F#m           =   F# - A  - B - C# - E
A mayor    =   A - B - C# -  D - E - F# - G#
(disini kita bisa lihat persamaan 3 nada)

Akord dapat berupa mayor atau dominant 7 :
A7   =   GM pentatonic atau Em pentatonic                                
D7   =   CM pentatonic atau Am pentatonic
E7   =   DM pentatonic atau Bm pentatonic

Berikut adalah contoh-contoh musik blues dominan 7 (dari Mixolydian). Catatan dalam mewakili nada chord dari 7 dominan. Ekstensi konsonan dapat dimainkan tanpa terdengar outside ,sedangkan dissonances adalah catatan kita harus menggunakannya untuk menciptakan ketegangan dengan memainkan outside.


- Catatan Inside (Chord Tones) : 1, 3, 5, b7
- Konsonan Ekstensi                 :  2, 4, 6
- Dissonances                           :  b2, b3, b5

Seperti kita ketahui, blues dibangun dari IV dan V  menggunakan akord dominan. Sebuah akord dominan dibangun dengan memainkan root(R), major 3rd(3), perfect 5th (5), dan flat 7 (b7) dari mayor scale secara bersamaan. Hal ini menunjukkan bahwa kita akan menggunakan nada akord untuk menciptakan melodi konsonan. Untuk sebagian besar, blues dominan chord dibangun dari tingkat ke-5 dari mayor scale, juga dikenal sebagai mode mixolydian. Rumus untuk skala ini memberi kita agak konsonan 1 2 3 4 5 6 b7. Namun, akord dominan dapat dibangun dari berbagai skala lainnya. Ini muncul dalam berbagai variasi harmonic minor, melodic minor and harmonic major scales. Alasan saya menyebutkan ini adalah untuk menunjukkan bahwa pemahaman kita tentang apa yang terdengar konsonan dan apa yang terdengar disonan tidak tergantung pada teori. Bukti ini jelas terlihat pada musik blues improvisasi melalui dimasukkannya flatt 3rd to major 3rd shift atau dalam kasus minor blues, masuknya b5 ,yang merupakan dasar karakteristik style sound.

Bermain Improvisasi Blues Outside Rating: 4.5 Diposkan Oleh: A_ Logz