Mayoritas gitaris jazz menghabiskan waktu mereka untuk mengiringi atau dalam istilah jazznya yaitu 'comping'. Mereka berkonsentrsi pada permainan solo dan tidak menghiraukan permainan rhythm mereka. Pada bagian ini kamu akan menemukan akord-akord yang tidak biasa. Bagaimana tips mengenai kapan akord tersebut akan digunakan, ditambah dengan beberapa ide untuk menyatukan akord itu dengan bagian rhtym.
Kamu akan lebih mudah memahami akord semacam C#m(mayor7), jika kamu mengetahui gimana akord 7 bisa dibentuk. tabel dibawah ini menunjukan beberapa akord 7 yang dipakai dalam jazz, bersama dengan teori bagaimana akord tersebut terbentuk. Saya akan berikan contoh dengan nada dasar C. Yang saya urutkan dari sebelah kiri ada C7, kemudian Cm7, lalu Cm(maj7), dan C maj7. Berikut ini kamu bisa lihat penampakannya.
======================================================
Akord ketujuh ini bisa disebut dengan dominan ke-7, yang merupakan dasar bagi semua jenis Blues dan Jazz. Perubahan open position voicing dasar dari akord A7 ini. Seperti halnya semua akord di halaman ini, dapat dipindakan ke semua kunci, dan jika kamu membiarkan senar kelima terbuka yang akan memberikan nada dasar di akord tersebut.
=====================================================
'Joe Pass A7'
Penempatan akord A7 yang berbeda. Kalau kamu ingin sukses menggertak, kamu harus mengetahui akord ini. Para gitaris seperti Joe Pass menggabungkan beberapa jenis voicing secara bebas, sehingga seringkali menciptakan alur melodi dengan nada tertinggi dari setiap bentuk.
=========================================================
'Tal Farlow A9'
Dimanapun dan kapanpun Akord A7 dapat dimainkan, begitu juga dengan A9 yang didasari A7 yang telah diubah dengan menampilkan nada B yaitu nada ke-9 dari tangga nada A mayor sebagai nada utama ataupun melodi. Kamu akan mendengarkan pendekatan akord semacam ini dalam permainan Tal Farlow. Terkadang juga dia menambahkan nada ekstra dengan jari tangan kanannya.
===============================================================
'Latin B13'
Begitu kamu memutuskan untuk memperluas beberapa akord, pastikan kamu mengetahui cara membuat sainganmu penasaran. Pada dasarnya adalah Akord B7 dengan tambahan G# yang adalah nada ke 13 diatasnya Akord 13, yang akan menggambarkan sound amerika latin yang sering dipakai oleh Laurindo Almeida dan Charlie Byrd.
===================================================================
'Sliding B13'
Versi B13 ini memiliki nada ke-9(C#) diatasnya. Voicing ini sangat efektif terutama ketika bergerak ke atas atau ke bawah fret dalam pergeseran semitone. Trik ini merupakan suatu tipuan sederhana yang harus diketahui semua penggertak.
===================================================================
'Finger Breaking B13'
Versi Allan Holdsworth yang amat diperluas ini meliputi lebih dari 2 Oktaf. Disini nada ketiga(D#), adalah nada tertinggi atau melodi. Jika kamu memainkan semua Akord pada halaman ini sesuai aturan, pastinya permainanmu akan terdengar lumayan cerdas.
==================================================================
'E Maj7 Dasar'
Tak seorang jazzer terhormat pun yamg bermain tanpa Akord Mayor7, yang merupakan bagian penting dari Jazz Standard seperti lagu Autumn Leaves, Fly Me To The Moon, dan sebagainya. Bentuk ini bisa bisa digerakan kemanapun di atas fingerboard, sepanjang kamu mengabaikan senar keenam, dan biarkan pemain Bass mengerjakan tugasnya.
===================================================================
'E Maj7 yang Sederhana'
Bentuk alternatif Emaj7 membawa nada melodi ke B, yang merupakan pendekatan lebih melodis, terutama ketika dicampur dengan voicing yang lain. Sebenarnya agak mudah untuk keluar dari Akord ini menuju beberapa nada yang agak rumit, kemudian kembali tepat saat perubahan Akord berikutnya. Trik ini dijamin akan mengesankan, bahkan bagi pemain profesional sekalipun.
=====================================================================
'Barney Kessel E Maj7'
Ketika rasa percaya dirimu sangat tinggi, coba sisipkan bentuk Akord ini dalam bentuk single line, atau bahkan sweeping sepanjang senar dengan pick jarimu, untuk menambahkan citarasa Barney Kessel dalam permainan solo gitarmu.
=================================================================
'F#7#5 yang sederhana'
Dimana ada akord 7, kemungkinan untuk substitusi atau perluasan akord bisa jadi tidak terbatas. Untuk memahaminya dalam konteks, mainkan akord ini dan kemudian jadikan Bminor. Ada beberapa kemungkinan untuk solo yang terdengar canggih dengan sekuens ini. Akord #5, kadan-kadang sering disebut dengan akord augmented.
================================================================
'Russell Malone F#7#5'
Dengan nada 7(E) pda nada rendah, ada feel yang berbeda atas inversi dari akord ini. Bahkna ketika pemain Bass memainkan nada dasar. Kamu bisa mengubah keseluruhan sound, seperti yang dilakukan Russell Malone.
===================================================================
'High register F#7#5'
Dimainkan dibagian atas leher gitar, bentuk seperti ini bisa digerakkan dengan mudah, dengan memberi kemungkinan perubahan akord yang cepat, atau bergerak keluar masuk dalam alur solo. Ini adalah pendekatan favorit Barney Kessel.
====================================================================
'Ab7#9 Klasik'
Akord yang benar-benar cool ini adalah akord favorit para pemain jazz, dan kamu bisa mendengarkannya di banyak lagu klasik jazz. Terdapat suara disonan yang manis, yang menampilkan akord ini pada awal lagunya Tal Farlow yang berjudul Falling In Love With Love.
====================================================================
'Ab7#9 Sempit'
Ini adalah versi akord yang sama, lebih sempit tetapi lebih mudah digerakkan. Akord ini lebih cocok dipakai saat mengiringi atau digunakan untuk memberi tekanan ritmis dan dijamin kanu akan menyukainya.
=================================================================
'Ab7#9 Rendah'
Ini adalah voicing yang paling gelap dari akord ini. Mungkin pendekatan terbaik adalah petikan single note, supaya akord ini tidak menjadi suram. Sekali lagi akord ini dapat digerakkan ke semua kunci.
================================================================
'Am9 Eksperimental'
Suara akord yang eksotik mengingatkan pada beberapa karya eksperimental Al Di Meola dan Eric Johnson. Dengan senar kelima yang terbuka, bentuk ini dapat dipindahkan ke kunci apapun dengan mudah begitu jarimu sudah terbiasa.
===============================================================
'Am9 yang terbuka'
Voicing yang besar dan terbuka yang menggunakan semua senar dalam kunci apapun. Bereksperimenlah denagn mengangkat nada B(atau 9), secara periodik untuk menghasilkan nada yang melodis. Berpura-puralah bahwa ada alasan harmonik yang rumit saat melakukannya.
==================================================================
'Am9-nya Larry'
Pada akord A, senar kelima yang terbuka memberikan nada dasar yang nyaman, tetapi mungkin menjadi berlebihan dalam situasi mengiringi sebuah Band. Menggunakan empat senar teratas, voicing ini sangat baik untuk melapisi akord Aminor yang datar. Ini adalah salah satu trik favorit Larry Carlton.