Perubahan Akord Untuk Nada ke-5 dan ke-9

Saya mau berbagi cerita sedikit berdasarkan pengalaman saya sendiri, ada beberapa pemain rock saat melihat akord 7, akord 9 atau bahkan akord 13 mereka akan terlihat familiar, tapi setelah beberapa saat melihat perubahan setengah bar ke C#7(b5#9), mungkin mereka akan bingung, atau mungkin akan bertanya, akord apa yang sedang kamu mainkan itu?.

Jadi sebenarnya dasarnya adalah C#7 dengan nada ke-5 yang dimainkan satu fret lebih rendah, dan nada ke-9 dimainkan satu fret lebih tinggi. Bukankah akan jadi lebih cool kalau ada bentuk 7, tempat kamu bisa menggerakkan nada ke-5 dan ke-9 sesukamu. Untuk bentuk seperti ini akan saya tunjukkan berdasarkan sekitar akord fret nada ke-5 dari D7.


                D9

everydayguitarist.blogspot.com

Satu akord utama dari genrenya, akord 9 adalah salah satu akord berbentuk sedikit aneh yang membutuhkan penekanan jari ketiga atau jari keempat, atau untuk menahan tiga senar paling atas.
Awalnya ini memang tampaak mustahil, tetapi akan segera terasa mudah. Ingat nada 9 dimainkan pada senar kedua (B), nada yang dimainkan pada senar pertama (E tinggi). Kamu perlu mengetahui hal ini untuk memainkan akord tersebut.

====================================================================

                D9#5
everydayguitarist.blogspot.com

Sekarang inilah perubahan akord pertamanya. Saya akan memberi contoh nada ke-5 yang dimainkan pada senar pertama dan gerakkan satu fret di atas yang akan menciptakan A#5. Akord semacam ini dengan sendirinya akan berbunyi parau dan biasanya harus bergerak ke akord lain. mulailah dengan mencoba dengan Gm atau D.

======================================================

             D7b9
everydayguitarist.blogspot.com

Disini kamu perlu sedikit mengubah letak jari pda akord tetapi idenya sama. Nada ke-9 dimainkan pada senar kedua, lalu diturunkan satu fret. Akord ini sangat manis untuk mengantar ke akord Gm9. Bayangkan kamu memainkan improvisasi yang sulit dengan akord ini, sementara band menahan akord di akhir sebuah lagu. Begitu kamu masuk ke Gm9, kamu akan terlihat bagaikan idola para jazzer.

=====================================================

             D7b5#9
everydayguitarist.blogspot.com

Turunkan nada ke-5, lalu naikkan nada ke-9. Akord semacam ini sudah sering digunakan untuk musik film. Sangat sulit dipercaya bahwa ada akord D7 dasar tersembunyi dibawahnya.

================================================================

             D7b5b9
everydayguitarist.blogspot.com

Karena penahanan jari pertama, akord ini akan gampang dimainkan. Gabungkan akord ini dengan D7(b9) dan Gm7, dan kamu akan memiliki resep untuk progresi jazz klasik. Hanya dengan menggunakan 3 jari, kamu bisa membuat gitaris jazz pemula lainnya menggelengkan kepala untuk mencari tau apa yang sedang kamu lakukan.

=============================================================

              D7#5b9
everydayguitarist.blogspot.com

Naikkan nada ke-5, turunkan nada ke-9, dan kamu akan mendapatkan akord yang indah ini. Gabungkan dengan D7(b9) dan D7 (b5b9), kamu akan merasakan beberapa pemain gitar menciptakan sound yang begitu lebar . Nada tinggi dapat menjadi alur melodi yang sangat efektif untuk solo atau pengiring dengan akord.

================================================================

              D7#9
everydayguitarist.blogspot.com

Mungkin akord ini adalah yang paling dikenal dari perubahan akord-akord lainnya, kombinasi nada mayor minor ini seakan tak pernah mati dan sound eksperimentalnya masih sama seperti di tahun 40an dan 50an. Untuk memainkan akord ini jangan lupa untuk meredam senar pertama.

===============================================================

            D7#5#9
everydayguitarist.blogspot.com

Naikkan kedua interval dengan menekan jari kelingking di dua senar. Akord ini mendekati alur "di luar" Bop. Sekali lagi bentuk akord ini terasa nyaman dan nikmat dimainkan meskipun namanya terdengar agak menyeramkan.


Perubahan Akord Untuk Nada ke-5 dan ke-9 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown