Bermain Akord Extended Dalam Jazz

Berpikir tentang akord dalam hal not skala besar sangatlah penting. Ini mudah untuk mengingat rumus untuk setiap jenis akord dan begitu menguasai memungkinkan kamu untuk memahami dan mencari tau not milik akord apapun. Setelah kamu tau dan memiliki pengetahuan yang baik dari not pada fretboard, kamu dapat mengetahui semua jenis akord gitar kapanpun kamu membutuhkannya, tanpa harus repot untuk mencari sebuah buku akord atau grafik.

Pada saat mempraktekannya akord extended biasanya tidak menggunakan semua anggota akord, ketika itu tidak diubah, not ke-5 sering diabaikan, seperti antara not ke-7 dan not tertinggi. Ke-9 sering diabaikan dalam akord ke-11, ke-9 dan ke-11, biasanya dihilangkan dalam akord ke-13, kecuali mereka yang diubah untuk memberikan tekstur khusus. Dalam teori jazz, akord extended atau triad, dengan not diperpanjang, atau ditambahkan.ketujuh, kesembilan, kesebelas, dan ketigabelas adalah akord extended. Ke-13 adalah perpanjangan diatonical, mungkin karena semuanya tujuh derajat tonal diwakili dalam akord.

everydayguitarist.blogspot.com

Triad utama terdiri dari 1, 3 dan skala 5. Jika kita menambahkan not berikutnya dalam seri ditumpuk, akan berakhir dengan akord ketujuh. Jika selanjutnya kita tambahkan satu, yang kita dapatkan akord ke-9 dan sebagainya. Interval skala akord extended di bawah ini menunjukkan contoh-contoh dalam kunci C mayor.

Formula akord Mayor:
- Mayor (Triad): 1 - 3 - 5
- Mayor Ketujuh: 1 - 3 - 5 - 7
- Mayor Kesembilan: 1 - 3 - 5 - 7 - 9
- Mayor Kesebelas: 1 - 3 - 5 - 7 - 9 - 11
- Ketigabelas utama: 1 - 3 - 5 - 7 - 9 - 11 - 13

===========================================

Ada beberapa kontroversi seputar penggunaan Sus2. Akord ini telah berkembang cukup baru dibandingkan dengan keempat ditangguhkan dan sementara teori di balik itu masuk akal, ada beberapa yang berpendapat penggunaan itu karena itu hanya sebuah inversi dari Sus4 chord. Sebagai contoh, jika kamu melihat di bawah ini contoh akord Fsus2 Anda akan melihat bahwa itu sebenarnya merupakan inversi Csus4:

Inversi :
- Csus4: C F G
- Fsus2: F G C

============================================

Akord Suspended

Akord suspended adalah akord yang tidak memiliki karakter mayor atau minor. Kurangnya (mayor atau minor) ketiga dalam akord menciptakan suara terbuka, sementara ketegangan antara keempat dan kelima atau kedua dan akar menciptakan disonansi. Istilah ini dipinjam dari kontranpuntal suspensi, di mana catatan dari akord sebelumnya dibawa ke chord berikutnya, dan kemudian memutuskan ke ketiga atau tonik, menangguhkan not dari akord sebelumnya. Namun dalam penggunaan modern, istilah hanya menyangkut catatan dimainkan pada waktu tertentu, dalam chord suspended nada tambahan tidak selalu menyelesaikan dari akord sebelumnya. Dengan demikian dalam CFG, F akan memutuskan untuk E. istilah ini digunakan untuk menunjukkan hanya struktur harmonik tanpa implikasi tentang apa yang terjadi sebelum atau sesudahnya. Setiap chord suspended memiliki dua inversi. Suspended akord kedua adalah inversi akord keempat suspended dan sebaliknya. Misalnya Gsus2 (GAD) adalah inversi pertama Dsus4 (DGA) yang merupakan inversi kedua Gsus2 (GAD). sus2 dan sus4 akord keduanya memiliki inversi yang menciptakan akord quartal. Sus 2 dan Sus 4 adalah dua yang paling sering digunakan dan mereka sama-sama berasal dari triad utama dengan mengganti skala ketiga dengan skala kedua (Sus 2) atau keempat (Sus 4).Sebagai contoh C mayor triad terdiri dari catatan CE dan G yang pertama, skala ketiga dan kelima dari skala C mayor. Tingkat skala kedua adalah D dan keempat adalah F jadi jika kita mengganti E dengan D kita berakhir dengan Csus2 dan dengan mengganti E dengan F kita mendapatkan chord Csus4.

Formula Akord Suspended:
- Csus2 = 1 - 2 - 5 = B - D - G.
- Csus4 = 1 - 4 - 5 = C - F - G



Bermain Akord Extended Dalam Jazz Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown