Lead Licks

Dalam jazz, kita harus berpikir sedikit berbeda, karena permainan permainan kita harus sesuai dengan akord latar. Bahkan saat memainkan suatu nada yang liar dan salah dengan sengaja, sound seperi ini tetap harus hadir karena berhubungan dengan harmoni. Ada beberapa hal vital yang perlu diingat ketika kamu memainkan lead jazz.

everydayguitarist.blogspot.com

9 Trik Gertakan melalui Solo Gitar:
  1. Ketahui harmoninya. Pastikan kamu tau akord yang sedang dimainkan, dan mainkan alur solo yang masih berhubungan dengan akord itu.
  2. Gunakanlah phrasing. Ambillah jeda setiap emapat bar ubtuk membiarkan penonton mencerna apa yang baru saja mereka dengar. Bahan pemain fusion pun kadang-kadang melakukan hal ini.
  3. Tentukan di nada mana kamu ingin bermain lick/phrase berakhir sebelum kamu memainkannya dan hubungkan lick itu dengan akord latar. Bahkan kalaupun kamu memainkan nada yang salah, kamu akan selalu berakhir di satu bagian yang musikal.
  4. Bermain-mainlah di sekitar arpegio, bukan hanya tangga nada dasar. Gunakanlah nada-nada akord yang sedang dimainkan.
  5. Gunakan kromatik. Kalau kamu memainkan lick yang berakhir pada satu nada kunci A, coba mainkan satu nada Ab atau A# sesaat sebelumnya. 
  6. Gunakan rhytmic displacement. Ini berarti memainkan nada yang sama berulang-ulang, tapi lakukan di birama yang berlainan dalam bar tersebut. Langkah ini bisa menciptakan sound yang terdengar rumit.
  7. Gunakanlah dinamika.
  8. Gunakan paralel 4. Cara termudah untuk melakukan hal ini adalah dengan memainkan sebuah nada pada senar B atau E. Menekan jari pada keduanya dan menggeser posisi jari naik turun. Kalau kamu berhasil melakukannya, kedengarannya akan sangat bebop.
  9. Kalau kamu mendengar personil band lainnya memainkan satu lick dan telingamu cukup tangkas untuk menangkapnya, tanggapi dengan memainkan nada yang sama. Solo dengan gaya duel semacam ini akan mendapatkan sambutan yang sangat meriah.

======================================================

'Blue Herb'


everydayguitarist.blogspot.com

Lick Herb Ellis yang ngeblues ini menggunakan pendekatan kromatik, megikuti nada teratas tiap akord. Pendekatan ini dibawa lebih jauh dalam bar ketiga dengan satu permainan cepat ke nada terakhir dalam nada dasar C.

============================================

'Perubahan Django'



Dimainkan di seputar gaya Django Reinhardt, lick ini menggunakan tangga nada A minor sampai setangah bar kedua, dimana akord Gmaj7 diantisipasi dengan permainan kromatik, diakhiri dengan sedikit triad Bm, yang benar-benar merupakan nada Gmaj7 tanpa nada bas.

=========================================================

'Kendurkan Tegangan'


everydayguitarist.blogspot.com
Lick asyik gaya Wes Montgomery ini dimainkan dalam oktaf dengan feel menanjak. Ada 'penegangan dan pengenduran' feel nada-nada di bar 2 dan 4. Tak ada yang salah dengan disonansi, selama kamu bisa mengatasinya.

=======================================================

'Bermain Swing Dalam Birama Yang Tepat'                 

everydayguitarist.blogspot.com

Frase nge-swing ini mengingatkan pada Charlie Christian. Selain pemilihan gaya yang benar, jangan lupa memainkannya pada birama yang tepat.

=======================================================

'Munculkan Satu Akord'


everydayguitarist.blogspot.com

Mengikuti perubahan-perubahan dengan satu triad akord, frase gaya George Benson ini bisa menahan frase itu sendiri tanpa akord di belakangnya. Catat, bagaimana akord Major7 nada (F#) diarahkan tepat ke akord G terakhir.

===================================================

'Mencuri Dari Yang Terbaik'



Gerakan konstan dari seorang pemain improvisasi seperti Charlie Parker sangat berpengaruh disini. Contoh ini berulang antara bar ke-2 dan ke-3. Ini adalah tanda seorang pemain improvisasi tingkat tinggi, jadi ingatlah untuk menyimpan beberapa cadangan lick seperti ini, kalau kamu ingin tampil benar-benar spontan..

===========================================

'Help From Robben'


     
Serupa dengan frase Robben Ford, frase ini sebagian besar terdiri dari akord A7#5. Dalam situasi ini , nada-nada yang mengarah dari bagian yang paling sulit dari frase ini bersifat sekunder.

===============================================

Arpeggio dari Laura'  



Yang satu serupa dengan beberapa frase Barney Kessel. Ini menggunakan hentakan akord yang beraksen, dipertegas dengan alur yang dibangun di sekitar nada-nada akord. Kalau kamu memilih nada-nada akord waktu berimprovisasi, kamu tidak akan membuat kesalahan yang terlalu parah.

=================================================

'Cat's Chordal Cradle'



Akord melodi yang jalin-menjalin ini cocok untuk gitar tanpa iringan maupun denagn latar belakang band komplit. Joe Pass menggunakan pendekatan ini seperti di album "Cherokee". Disini bukan kecepatan yang penting, tetapi kontinuitas. Latihlah lick ini perlahan samapi benar-benar lancar.


Lead Licks Rating: 4.5 Diposkan Oleh: A_ Logz