Kalau kamu melewatkan waktu bersama para pemain jazz, kamu akan mendengar mereka membicarakan 'substitusi'. Tenang saja, itu bukan berarti mereka akan memecatmu dan mencari pemain gitar yang lebih baik. Istilah itu merujuk pada praktek permainan satu akor sebagai ganti akord lain untuk menunjukkan akord ketiga. Jadi jika misalkan lembar akord menunjukan akord (Am yang terdiri dari A, C, E, dan G) adalah Am7. Jelas agak sulit untuk melakukannya dengan cepat, jadi pada bagian ini saya akan berikan beberapa contoh yang umum mengenai cara memainkannya.
Empat contoh yang pertama menunjukkan substitusi akord I (satu), IV (empat), dan V (lima). Pada kunci A, terdapat A, D, dan E. Untuk kesan jazz yang maksimal, semua akord dimainkan pada nada ketujuh atau kesembilan dalam contoh-contohnya. Tabel dibawah ini menunjukkan beberapa kemungkinan substitusi pada kunci A.
Posisi Dalam
Tangga Nada
A Mayor
|
Nama Akord
|
Disubstitusi
Dengan.......
|
Untuk
Membentuk...
|
Kapan Digunakan?
|
1
|
A, Amaj7
|
C#m7
|
Amaj9
|
Penghubung pada Akord I, atau kembali ke Akord I
|
I 7
|
A7
|
Em
|
A9
|
Penghubung pada akord I, atau sesaat sebelum masuk
akord IV
|
I (minor)
|
Am, Am7
|
Cmaj7
|
Am9
|
Akord minor apapun
|
IV
|
D, Dmaj7
|
F#m7
|
Dmaj9
|
Kapanpun kamu memainkan akord IV (tidak seefektif
dalam sekuens yang ngeblues)
|
IV (minor)
|
Dm
|
F
|
Dm7
|
Akord minor apapun
|
V7
|
E7
|
G#dim7
|
E7 (b9)
|
Setiap kali akord V menjadi nada ketujuh
|
====================================================================
'Substitusi Akord I'
Untuk Formula akordnya seperti ini : Bm7 - E9 - Amaj7 - Bm7 - E9 - Amaj7 - C#m7
Tidak ada aturan baku kapan melakukan substitusi. Pastikan saja bahwa alur melodi masih sesuai dan soundnya asyik. Disini akord I (Amaj7) telah diganti dengan akord akord III minor7 (C#m7).
=======================================================
'Substitusi Akord IV'
Untuk Formula akordnya seperti ini : Bm7 - E9 - Amaj7 - Bm7 - E9 - Amaj7 - C#m7
Tidak ada aturan baku kapan melakukan substitusi. Pastikan saja bahwa alur melodi masih sesuai dan soundnya asyik. Disini akord I (Amaj7) telah diganti dengan akord akord III minor7 (C#m7).
=======================================================
'Substitusi Akord IV'
Untuk Formula akordnya seperti ini :
Jadi Tetap mainkan dikunci A, disini akord yang keempat yaitu Dmaj7, telah diubah menjadi akord VI minor (F#m7). Ini mengurangi kadar mudah ditebak dari progesi aslinya dengan menunjukkan Dmaj9, khususnya ketika digunakan sebagai alternatif tambahan.
===============================================
'Substitusi Akord V'
Amaj7 - Bm7 - C#m7 - Dmaj7 - Bm7 - E9 - Amaj7
Amaj - Bm7 - C#m7 - F#m7
Bm7 - E9 - Amaj7
===============================================
'Substitusi Akord V'
Untuk Formula akordnya seperti ini :
Amaj7 - Dmaj7 - C#m7 - F#7#9 - Bm7 - E9
Amaj7 - Dmaj7 - C#m7 - F#7#9 - Bm7 G#dim
Pergantian akord V (E9) dengan VII diminished (G#dim) membuat rangkaian perubahan ini kehilangan beberapa feel dan menjadi sedikit lebih dramatis. Tentu saja ini cara yang baik untuk memamerkan pengetahuanmu tentang tangga nada yang miring. Sebenarnya disini kamu hanya menunjukkan E7b9.
=========================================
'II-V-I'
Untuk Formula akordnya seperti ini : Am7 - D9 - Gmaj - Cmaj7
Amaj7 - Dmaj7 - C#m7 - F#7#9 - Bm7 - E9
Amaj7 - Dmaj7 - C#m7 - F#7#9 - Bm7 G#dim
Pergantian akord V (E9) dengan VII diminished (G#dim) membuat rangkaian perubahan ini kehilangan beberapa feel dan menjadi sedikit lebih dramatis. Tentu saja ini cara yang baik untuk memamerkan pengetahuanmu tentang tangga nada yang miring. Sebenarnya disini kamu hanya menunjukkan E7b9.
=========================================
'II-V-I'
Untuk Formula akordnya seperti ini : Am7 - D9 - Gmaj - Cmaj7
Perubahan II-V-I (Dm-G-C) adalah sekens akord yang paling penting dalam jazz. Contoh ini menggunakan perluasan akord Gmayor, dalam hal ini Am7, D9, dan Gmaj7. Ide ini muncul dalam lagu jazz standar seperti misalnya lagu 'All The Things You Are'.
==================================================
'II-V-I Dengan Perubahan Kunci'
Untuk Formula Akordnya seperti ini : Am7 - D9 - Gmaj7
Gm7 - C9 - Fmaj7
Disini, contoh sebelumnya dimainkan dua kali lebih cepat, kemudian akord yang sama dimainkan dua fret lebih trendah. Kalu kamu bisa memainkan solo dengan perubahan akord ini, kamu benar-benar mulai memahami harmoni jazz secara benar (solo pada dua bar pertama menggunakan tangga nada G mayor dan dua bar terakhir menggunakan tangga nada F mayor).
==================================================
'Pengulangan II-V'
F#7b9
Untuk Formula Akordnya seperti ini :
Bm7 - E9
Am7 - D9
Gm7 - C9
Fmaj7 - F#7#9 - F#7b9
Kalau kamu memainkan perubahan II-V secara konstan tanpa sekalipun kembali ke akord I, kamu akan menciptakan harmoni yang benar-benar membuat solo-solo jazz. Di sekuens ini berdasarkan kunci dasar F mayor, dan pertama-tama turun melalui kunci A (jadi II-V adalah Bm-E) dan G (jadi II-V adalah Am-D). Keindahan progresi semua ini adalah begitu kamu tau bentuknya, kamu bisa membuat penonton tercengang dengan memindahkan lick dua akord yang sama dua fret kebawah berulang-ulang. Joe Pass memainkan ini dengan penuh keahlian di lagu 'Night And Day'.
==============================================================
'Pengulangan Kromatik II-V'
'Pengulangan Kromatik II-V'
Untuk Formula akordnya seperti ini :
Bm7 - E9 - Bbm7 - Eb9 - Am7 - D7b9 - Gmaj7 - Am7
Bm7 - E9 - Bbm7 - Eb9 - Am7 - D7b9 - Gmaj7 - Am7
Ini progresi yang dimainkan oleh Jimmy Raney atau Charlie Parker. Kali ini perputaran kunci turun setengah nada. Hal ini bisa mengelabui pendengar yang lantas berpikir bahwa teknik ini jauh lebih sulit daripada kedengarannya.