Outside adalah istilah yang sangat identik dengan pemain jazz rock ataupun pemain gitar fusion. Dalam bentuk-bentuk tradisional jazz istilah ini diganti dengan menggunakan chromaticism. Dalam blues,country,folk ,disebut juga dengan blue note. Menurut definisi, ini bisa berarti sesuatu yang tidak didengar dalam akord bahkan mencatat bahwa kita anggap sebagai ekstensi, berasal dari skala akord. Oleh karena itu kita harus memastikan apa artinya untuk menggunakan outside untuk memahami cara efektif untuk memperkuat ketegangan dan warna musik yang kita buat untuk memperkenalkan dissonances dan bermain outside.
Hal semacam ini membutuhkan pengetahuan yang baik pada jenis extended akord, modes mayor scale, dan beberapa pengetahuan tentang harmonik dan melodic minor. Sebagai contoh mayor scale yang normal akan dilihat sebagai 1 2 3 4 5 6 7 , minor scale akan dilihat sebagai 1 2 b3 4 5 b6 b7 , phrygian dominant scale akan dilihat sebagai 1 b2 3 4 5 b6 b7, dll .Dengan memastikan Anda sudah familiar dengan scale ini berarti Anda akan dapat menerapkan konsep ini dalam kunci apa saja.
Outside improvisasi :
F#m = F# - A - B - C# - E
A mayor = A - B - C# - D - E - F# - G#
(disini kita bisa lihat persamaan 3 nada)
Akord dapat berupa mayor atau dominant 7 :
A7 = GM pentatonic atau Em pentatonic
D7 = CM pentatonic atau Am pentatonic
E7 = DM pentatonic atau Bm pentatonic
Berikut adalah contoh-contoh musik blues dominan 7 (dari Mixolydian). Catatan dalam mewakili nada chord dari 7 dominan. Ekstensi konsonan dapat dimainkan tanpa terdengar outside ,sedangkan dissonances adalah catatan kita harus menggunakannya untuk menciptakan ketegangan dengan memainkan outside.
- Konsonan Ekstensi : 2, 4, 6
- Dissonances : b2, b3, b5